Fitur Scheduling Creator Studio? Sepenting Apa Sih?

 



Fitur yang juga cukup vital dari Creator Studio, adalah adanya scheduling atau penjadwalan. Jadi secara sederhana, temen-temen bisa menjadwalkan postingan yang akan temen-temen buat. Misal saya buat konten hari ini, terus saya ga pengen posting hari ini, tapi minggu depan, kurang lebih gitu lah. Sederhana, 'kan? Mungkin juga temen-temen mikir saking sederhananya fitur ini, ngapain juga dibahas?

Fitur insight mungkin adalah fitur yang seringkali kalian akses, karena itu lebih menarik, memanjakan mata, daaannn apresiasi diri biasanya muncul karena interaksi dan engagement gede dari followers temen-temen. Kalo like gede, ada pujian, pasti seneng dongg, ya kaann.

Tapi, hal yang paling vital dari menjadi seorang kreator adalah konsistensi, ya, itu. Saya sendiri sering banget tuh, males2an tengah jalan, akhirnya ekspektasi followers turun, engagement konten juga turun. Otomatis temen-temen harus membangun lagi ekspektasi dan kepercayaan dari para followers setia temen-temen. Dan inilah yang sering kita lupakan sebagai seorang kreator.


Fitur scheduling ini hadir untuk mengatasi hal tersebut atauuu seenggaknya mencegah lah ya wkwk ga cuma mencegah males, tapi juga art/creative block, alias otak yang buntu gada inspirasi (psssttt... nanti kita bakal bahas ini nih wkwk asik kayanya ya, ngebahas penyakit kambuh2an dari kreator)


Sama halnya kaya di kehidupan nyata kita, ketika segala sesuatu sudah terjadwal dan terorganisasi, maka semuanya juga berjalan lancar, seenggaknya kaya yang saya bilang tadi, "mencegah" hal yang bisa menurunkan engagement postingan kalian. Kalian bisa bikin postingan sebanyak-banyaknya hari ini, terus jadwalin tuh, misal untuk satu bulan ke depan. 

Nah, kalo schedule konten 1 bulan udah clear, kalian kan punya waktu lebih nih, rencanain mau bikin konten apa ke depannya. Brainstorming ide, cari inspirasi, catet, bikin konten lagi. Gituu terus, konsisten.


"Cara milih jadwal gimana, Bang? Waktu yang pas gitu?"

Jawaban dari saya adalah, tidak ada waktu yang bener-bener pas.

Maksudnya, karakteristik followers itu sifatnya relatif. Masih ga paham?! ckckck gini lho. Coba deh, kalian bikin story di satu jam tertentu, terserah jam berapa aja, terus besok bikin story lagi, samain jamnya. Coba selama beberapa hari, hasil viewersnya beda-beda kan? Kalo beda tipis, okelahh, gapapa tuh, aman. Tapi kalo naik turun, mending temen-temen pelajari lagi deh, maunya followers temen-temen tuh apa.

Yang jelas kalo bikin postingan itu konsisten pada jam tertentu ajah, kalo saya punya prinsip gini nih, "jangan mengikuti apa maunya followers, tapi followerslah yang harus mengikuti apa mau kita."

Tapi tetep, dalam penjadwalan, ada baiknya kita ngeliat jam-jam santai aja, ato jam-jam yang sekiranya orang istirahat dan main gadget. Nah kita serang tuh. Kasih konten. Jadwalin. Dan saya ga bosen-bosennya ngingetin, KONSISTEN. 

Gimanaa? hehe, udah paham ga nih, apa itu scheduling, dan seberapa penting sih fitur ini. Scheduling itu penting banget lho bro, selain memudahkan, perannya vital dan sangat menentukan gimana pembangunan ekspektasi followers terhadap diri kita. Baik kreator yang kacangan kaya saya, dan kreator pro, saya rasa scheduling menjadi hal paling penting, selain fitur insight.

Jangan bosen2 baca artikel saya ya wkwk, temen-temen boleh sharing kok di bawah gimana pengalaman temen-temen pake fitur ini, ato mungkin ada kesalahan yang saya sampaikan, omongin aja, jangan ghibah.

Stay tune yaa!

Comments

  1. wahh bagus sekali artikelnya, sangat membantu informasinya.

    ReplyDelete
  2. Ini fitur yg sederhana tapi emang bermanfaat banget sih mas
    Soalnya konsistensi itu kunci biar penikmat karya puas dan bertambah. Lapak yg jarang update karya biasanya gampang ditinggalin, sedangkan yg sering update secara teratur bakal dipantengin terus dan ditunggu-tunggu oleh netizen. Masalahnya, art blok atau hambatan lain bisa datang kapan aja seperti yg uda dijelaskan di artikel. Jadi selagi ada waktu buat 'ngestok' karya, bisa dimaksimalkan dengan fitur scheduling ini. Nice info mas 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok ii bener tuh, kalo ga distok, keburu ilang, kelupaan, akhirnya yaudah mubazir wkwk makasih2

      Delete
  3. SCHEDULING ini bakal kepake banget buat akun2 olshop gitu, atau akun2 personal branding..biasanya suak pusing ato ribet kalo mau bikin postingan yang berpola dan konsisten buat membangun engagement di instagram..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerr tuh mas, kelihatan simple, tapi sebenernya ngaruh banget sama branding. Mantapp2, makasih mas.

      Delete
  4. wah wah wahhhh cocok nih untuk saya yang akhir-akhir ini males posting karya... emang konsistensi itu hal yang paling susah sih mas... selalu nunda nunda... besok aja deh... eh taunya udah kelewat seminggu aja wkwk... semoga fitur scheduling ini bisa membantu ya mas... terima kasihhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelewat seminggu itu ngga nunda mas, sampyan niat aowkwk
      Okee mas e, sama-samaa, makasih juga udah mampir. Bener tuh, kadang kita udah punya inspirasi, tapi ga buru2 dikerjain, akhirnya kita yang dikerjain, hadehh.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts