Cara Mengubah Akun Instagram ke Akun Kreator!


Halo temen-temen kreator! Kembali lagi dengan saya yang ganteng ini, kali ini saya akan membuat sebuah tutorial, yang di mana tutorial ini merupakan langkah paling dasar dalam memanfaatkan Instagram sebagai sebuah platform konten digital buat temen-temen.

Ngerubah akun ini gratis kok, jadi temen-temen ga usah bayar sepeserpun untuk menikmati fitur kreator dari Instagram. Tutorialnya juga ga ribet kaya hubunganmu. Ga sampe 5 menit, fitur kreator akan kalian nikmati.

Kuy langsung aja cekidot:

1. Buka aplikasi Instagram temen-temen. Terus langsung ke profil temen-temen sendiri. (N.b. kalo minat, follow juga yaa h3h3)




2. Masuk ke menu side navigation pengaturan, yang ada di pojok kanan atas, yang bentuknya kaya 3 garis. Terus temen-temen pilih yang pengaturan (kalo versi bahasa Inggris, namanya "Settings") yang ikonnya kaya gear.



3. Abis itu pilih "Akun", dan scroll ke bawah, cari yang "Beralih ke Akun Professional".




4. Temen-temen akan disajikan dua pilihan, yakni "Kreator" dan "Bisnis". Pilih yang "Kreator".




5. Akan ditampilkan fitur yang akan kalian miliki nanti, ketika fitur ini diaktifkan. Baca aja dulu, biar nanti temen-temen juga ga kaget wkwk kalo udah, langsung pilih "Selanjutnya".




6. Ini adalah tahap final, di Instagram akan menawari kalian untuk menunjukkan predikat akun kreator kalian secara publik. Jika ingin menampilkan, maka geser "Tampilkan label kategori" ke arah kanan. Jika tidak, biarkan saja, dan pilih "Selesai".



7. Voila!! Akun kalian sekarang sudah menjadi akun kreator!




Sekarang temen-temen semua udah bisa menikmati fitur kreator loh! Terdapat beberapa perubahan menu, seperti di bawah followers, ada "Promosi" untuk mempromosikan postingan konten kreatif temen-temen nanti. Yang paling penting, terdapat fitur "Insight", pada side navigation profil (yang bentuknya kaya garis jumlahnya 3 tadi itu lho).

Dengan fitur "Insight", temen-temen bisa tau, jumlah interaksi yang didapet temen-temen pada, selain itu, temen-temen juga bisa membuat Postingan dan Story dengan lebih terorganisasi, karena ada data yang ditampilkan.

Eittss, tapi kita masih belum bisa monetize, alias dapet duit nih hehehe, masih ada beberapa tahap lagi biar kita bisa dapet penghasilan dari Instagram. Nanti ada postingannya lagi dehh, santaiii, seloww... wkwk

Gimana nih menurut kalian artikel kali ini? Hehe ... Di postingan selanjutnya, kita akan belajar gimana cara menyambungkan akun kreator Instagram ke Creator Studio, agar pengalaman temen-temen dalam menggunakan akun kreator lebih maksimal! Mungkin untuk fitur-fitur akan lebih dibahas pada artikel ke-4, jadi jangan bosen-bosen yaa ngeliat ini blog.

Stay tune gaes!

Comments

  1. Tanya dong kak.. apakah ada fitur yang membedakan akun kreator dengan akun bisnis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama kaya jawaban di blog businessman sih awokwkw fitur dasarnya sama, kalo akun kreator itu lebih ke analisa followers, kalo akun bisnis lebih ke bagaimana supaya produk bisa berkembang.

      Delete
  2. Selain ada akun kreator ada juga cara membuat akun bisnis di Blog saya https://peluangusahaig.blogspot.com/2020/11/panduan-membuat-akun-instagram-bisnis.html

    ReplyDelete
  3. Kalo cara buat akun supaya dapet centang biru gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkenal dulu, baru ngajuin ke Instagramnya. Biasanya nanti bakal diminta tuh, kita dikenal sebagai apa, terus dia sistemnya kaya ngajuin survei ke akun-akun lain. Kalo approved, baru dehh, tuing centang biru.

      Delete
  4. Min, mau nanya, setelah kita membuat akun creator dan membuat beberapa konten, apakah kita akan mendapatkan uang dari Instagram?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti di postingan selanjutnya kak, hehe. Ada caranya supaya postingan kita bisa di monetize, terus dapet cuan dari iklan yang di pasang.

      Delete
  5. Bermanfaat sekali kak, namun konten apa sajakah yang bisa dibuat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ituu kak, kalo misal nyari cuan nih, sekarang jatuhnya IG jadi kaya yutub sih wkwk yang bisa dimonetize IGTVnya, jadi lebih ke konten video2 kreatif.

      Delete
    2. wah iya soal tuh soal konten apa aja kayanya perlu juga buat melihat secara detil tentang segmentasi pasar di instagram

      Delete
  6. apakah fitur yang membedakan intagram biasanya dengan akun kreator ya min mungkin bisa bagi informasinya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo! saya mau menjawab hehe. berdasarkan pengalaman saya menggunakan akun kreator, ada banyak perbedaannya. seperti yang udah dijelaskan di blog ini, ada fitur insight. fitur ini memungkinkan buat ngeliat interaksi akun kita. kita bisa ngeliat berapa jangkauan akunnya kita. terus bisa tau juga berapa akun yang menyimpan postingan di feed instagram, dan berapa akun yang membagikan postingan baik di feed/ig story. selain itu kita juga bisa liat berapa yang mengetuk profil ig. kalo kita bikin ig story, kita juga bisa liat berapa yang nge skip story tersebut. bisa liat juga berapa yang mengetuk "tag-tag an" (kalo nge tas akun/hastag di story). terus ada fitur promosi yang memungkinkan buat mempromosikan postingan. kata teman saya, biaya per harinya 20k. sekian, semoga bermanfaat hehe.

      Delete
    2. wahh ternyata beda ya, terimakasih banyak infonya

      Delete
  7. wah gokil nih min, laman ini membahas tentang pengembangan instagram seperti contoh diatas mengubah akun biasa ke akun kreator,
    Boljug nih min bisa colabs dengan laman saya yg basisnya dagang xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleehh mas, sekarang semuanya bisa dimanfaatin jadi cuan kan xixixi

      Delete
  8. Wah keren sekali, o iya min kan sudah mengubah akun menjadi creator, gimana ya min caranya kira kira akun kita Insightnya tinggi? karena min seperti instagram saya itu sangat sepi sekali, mungkin bisa diberikan tips and tricks min kiat kiat membuat akun kita Insightnya tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep nih mbaknya, hehe. Okee mbak, makasih yaa, masukkannya yang paling bisa saya realisasikan nih.

      Delete
  9. Keren banget kak pembahasannya, sangat membantu saya yang pengen banget menjadi kreator di instagram lewat IG TV. Thank youu kak admin🙏 Ehh tapi kak admin mau tanya dong, kalau semisal instagram kita udah dijadikan akun creator dan akun bisnis, apakah kita harus membayar ke pihak instragram? soalnya kan nanti kita bakalan banyak promosi di akun instagram tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mengganti jenis akunnya aja gratis kok mbak, hehe. Jadi fitur yang kita dapetin bener2 gratis. Salah satu kebaikan Instagram ada di situ sih wkwk Yang membayar adalah fitur promosinya itu, jadi ketika kita udah ngerubah akun jadi akun bisnis/kreator, akan ada fitur promosi/pengiklanan. Yaah kaya namanya, jadi postingan kita diiklankan oleh pihak Instagramnya.

      Delete
  10. wah saya baru tau kalo ada instagram creators seblemunya yang saya tau hanya akun Instagram personal/regular dan bisnis saja, min mau tanya dong yang membedakan akun creators dengan yang lainnya itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun kreator paling mirip sama akun bisnis mbak. Nahh, perbedaan mendasar itu kalo akun bisnis lebih kepada fokus dalam pengembangan bisnis, sedangkan akun kreator itu fokusnya di analisa followersnya. Jadi dalam tampilan insight akan ditampilkan fokus yang berbeda. Perbedaan kecil ada di DM juga. Kalo akun bisnis setau saya punya fitur otomatis menjawab DM asing yang masuk, itu sih.

      Delete
  11. Ini mas, saya mau bertanya, kalau kita semisal kreator design, kita lebih enak bikin yang mana mas ? akun kreator atau bisnis ? Soalnya kita juga bisnis di akun tersebut seperti jasa editing, design, dsb gtu mas.. Soalnya kalau kita bisnis lebih terbantu dengan yang katanya mas diatas bisa jawab DM otomatis gtu, nah kita kreator tapi kita juga bisnis wkwk gimana itu mas ? mhon pencerahan :D terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okeee mass wkwk pertanyaannya cukup membuat saya berpikir nih wkwk memang kita ga bisa menikmati 2 fitur sekaligus sih, jadi harus pilih salah satu. Kalo saya jatuhnya lebih ke kreator mas, karena (maaf kalo misal ada kesalahan) perbedaan mendasar dari akun bisnis dan kreator itu hanya di dm, selebihnya sama. Kemudian, fitur marketing "promosi" juga sama-sama ada di akun bisnis dan kreator. Jadi kita tetap bisa menjangkau followers sekaligus promosi jualan kita. Kecuali kalo mau full berbisnis.

      Semoga membantu mas :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts