Aduh, itu Feed IG Rapihin!


Pernah ga sih, kalian ngerasa kalo Feed IG kalian tuh berantakan gitu, kaya ga teratur, dan acak-acakan?

"Yaah terserah gue dong, IG juga IG gue, ngapain lu yang sewot?"

Engga gitu bro maksudnya. Oke deh, memang siapapun bisa berkarya tanpa kekangan, terutama di media sosial. Ya itu akun mereka, hak mereka. Tapi, tapi nih, kalian sadar ga sih kalo Feed yang rapi itu nanti juga bisa bikin akun IG kalian jadi rame.

Saya bukan menggurui, juga bukan menyuruh-nyuruh. Kalo memang akun Instagram kalian buat seneng-senengan aja, monggo, kan ga semua orang butuh engagement, bisa jadi, mereka bikin IG tuh cuma sharing moments aja, engga yang lain.

Tapi buat kalian yang ingin merintis jejak menjadi seorang kreator digital, apapun itu bentuknya, bisa podcaster, pebisnis, influencer, model, dan lainnya, merapikan Feed, bisa menjadi jalan pembuka minat, bagi calon-calon pengikut setia kalian. Simple aja nih, orang kalo lagi stalking, first impression pasti liat feed dulu, ya kaann, setelah itu, baru ngeliat foto-foto kalian secara detail.

Yang kita incar paling utama dari calon-calon followers, adalah ketertarikan dulu, baru keinginan untuk follow akun kita. Itu aja, "ketertarikan". Saya memang belum secara aktif sih, posting feed di Instagram, tapi seenggaknya, kita bisa sharing-sharing lahh yaa wkwk


Saya udah baca-baca literasi tentang mengatur feed Instagram biar lebih menarik, dan udah nemu sih beberapa tips yang mudah dipahami. Okee berikut ini tips-tips tentang beberapa cara untuk mengatur Feed Instagram, biar lebih rapi broo

1. Bio Simple, tapi Powerful

Saya sendiri orangnya random yah, karena itu branding yang saya buat. Tapi ini ada benernya juga sih, bio yang simpel itu ga kelihatan rusuh, kelihatan minimalis, dan tidak membingungkan calon followers kita nanti. Yang penting adalah keep it simple, yet powerful. Jangan alay. Misal, cuma nunjukin tempat tinggal, tanggal lahir udah gitu aja, atau kalo kalian udah bikin konten, kasih alias, dan situs konten kalian, bisa yutub, podcast, atau yang lain.


Ada satu branding bio, yang menurut saya efektif untuk diterapkan di manapun, yakni dengan quote komedi kaya diatas tuh wkwk. Impresi dari branding quote konyol yang tidak masuk akal, sering kali saya rasakan lebih menarik daripada bio yang serius. Coba aja wkwk dulu saya pernah pake branding yang sudah terbukti membuat orang jengkel, tapi menaikkan impresi, yakni dengan quote "Saya ganteng, dan saya tidak percaya itu."

2. Bikin Base yang Kuat



Ini penting banget, dan ga ribet juga kok. Maksudnya gini, ada yang nyebut ini, Rule of 9, berarti ada 9 foto/video utama dari profil IG kalian yang dijadikan Base atau pondasi dari foto/video kalian yang selanjutnya. Paham?

Jadi itu semacam perkenalan, dan branding, seperti apa sih personality kalian itu.

Bikin Base itu ga sulit, yang penting kalian jujur dengan personality kalian sendiri. Selain Rule of 9, kalian bisa juga pake Rule of 6, ato Rule of 12, itu berarti kalian menggunakan 6 foto atau 12 foto untuk base. Tapi yang paling pas, adalah 9 foto, pas di tengah, dan mudah untuk dibangun nanti.

3. Mulai Bangun Feed Kalian!

Membangun feed adalah puncak dari tombak langkah kalian menjejakkan kaki menjadi seorang kreator!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di sini, yaitu penjadwalan, jangan rusak base, dan harmonisasi.

Seperti yang sebelumnya, penjadwalan adalah sesuatu yang penting dalam meningkatkan engagement dan impresi dari akun kalian. Kalian yang baru memulai, tidak perlu tergesa-gesa atau memiliki tuntutan konten, cukup beri ruang, misalkan, minimal satu bulan harus ada 3 foto/video, atau satu baris konten di feed, itu paling aman. Tapi kalo udah menjadi full time creator, yaa seenggaknya seminggu sekali udah harus ada konten, jangan molor juga.

Dalam sekali upload, sebaiknya kalian langsung mengupload 3 konten. Hal ini untuk mencegah base kalian berantakan, jadi jangan sampai mengupload satu konten, dan kemudian hiatus, sampe-sampe pondasi kalian jadi berantakan, aduh!

Yang terakhir ini sebenernya opsional, tapi bisa jadi nilai plus buat branding akun kalian. Harmonisasi. Maksudnya adalah dalam mengupload konten, itu urutannya jangan asal-asalan, harus ada harmonisasinya. Misalnya nih, dibuat grid, warna yang seragam, atau urutan jenis kontennya. Contohnya bisa kalian liat di bawah ini nih!






Udahh nihhh untuk postingan kali ini wkwk panjang juga yaa, oiya ini cuman setau saya aja yaah, kalo kalian punya pendapat lain, share aja di komentar, pengalaman-pengalaman kalian dalam mengatur feed Instagram, kita belajar bareng. Soalnya sekali lagi, kreatifitas digital punya banyak banget potensi untuk bisa jadi pekerjaan kalian nantinya! Ga akan nyesel, dan ga akan rugi deh pokoknya! Hehe

Stay tune untuk konten selanjutnya ya!

Comments

  1. wah terimakasih mas atas informasinya! informasi di blog ini membantu banget sih buat panduan menjadi content creator atau 'selebgram' maupun yang hanya berkeingingan membuat instragramnya terlihat rapi dan aesthetic. selain itu menurut informasi dari kakak kelas saya sih kan jaman sekarang banyak juga ya company yang kalau kita mengajukan lamaran pekerjaan, mereka memantau instagram kita juga. kalau boleh usul boleh dong mas dibahas kira kira aplikasi apa saja yang membantu untuk menunjang instagram kita hehe. terimakasihhh, semangatttt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okee mbak. Oiya tuh, saya juga pernah denger gitu, katanya bakal dicek juga kalo mau ngelamar kerja waduhh wkwk. Sarannya saya tampung, asik juga sih kayanya ngebahas itu. Makasih juga udah mau mampir nih hehe. Stay tune!

      Delete
    2. Kereenn, setelah saya melihat tulisan ini saya akan merapihkan feeds sosial media saya, terimakasih kontennya sangat bermanfaat.

      Delete
  2. Aaa betul banget mas! Feed tuh ngaruh banget ke impression orang lain. Saya sendiri aja kalau lagi stalking instagram oranng lain, terus pas liat feednya acak-acak an banget langsung saya back, skip gak jadi stalking hehehe... Menurut saya biar feednya terlihat bagus, minimal tone warna dari foto-foto yang dipost itu disamaain, Tone warna disini maksud saya effect atau filter yang digunakan ya. Zaman sekarang udah banyak kok aplikasi-aplikasi gratis di handphone yang bisa digunakan buat ngedit foto jadi kerenn. Kayak Lightroom, Snapseed, VSCO, dan lain-lain. Itu semuannya saya pakai dan emang oke banget buat ngedit foto. Kalau emang males ngedit, gamau yang ribet, gampang banget sekarang udah banyak banget bertebaran preset-preset dari aplikasi yang saya sebutin itu tadi yang dibuat sama orang lain. Ntar bisa langsung dipake ke foto nya. Dah segitu aja dari saya. Maaf ya mas kepanjangan, makasiiiii. Ditunggu terus update an selanjutnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wawww mantappp mbakk, makasih juga nih informasinya, terutama buat info aplikasi editing tuh. Benerr, sekarang tuh main Instagram ga cuma upload foto aja, bentuk feed aja bisa bikin kesan yang macem2 wkwk dann, kalo kita ngerapihin feed gada salahnya juga kan, meskipun galeri sendiri, seenggaknya bisa kasih kesan positif orang lain ke diri kita.

      Terima kasihh mbak udah mampir dan sharing2 infonya, stay tune yaa!

      Delete
  3. Saya insecure lihat postingan ini. Sepertinya lebih baik saya uninstall Instagram xixixi.

    ReplyDelete
  4. mau tanya dong min, ada nggak sih jasa ngerapihin feed instagram hhhhee? karena saya tipikal orang yang bodo amat sama feed ig saya, tapi saya terkadang juga iri melihat feed ig teman" saya yang begitu rapi hhhii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah awokwk
      Siap mbak, saya juga mirip2 sama mbaknya, males juga, tapi kadang najis al jijik kalo liat feed sendiri. Jawabannya, ADA mbak hehe
      Bisa disearch aja di google, kata kuncinya "Jasa merapikan feed Instagram", banyak kok tarifnya juga macem2, oiya, mereka biasanya juga sekaligus meyediakan jasa desainnya.

      Makasih mbak sudah mampir!

      Delete
  5. Waaahh, mantap nih infonya, bener juga tuh min. Saya tipe orang yang setiap hari aktif sosial media termasuk instagram ini, tapi saya jarang nge post karena saya bingung membuat tampilan instragram saya menjadi baik dan rapi. Apalagi kalau soal dirapiin begitu, hmmm, saya sudah mencoba tapi akhirnya harus berantakan bubar lagi😂 setelah melihat postingan ini, saya sudah cukup paham lagi tentang ngerapiin instagram. Mantap infonya, thank min. Ditunggu post-post update selanjutnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wokeee, makasih nih udah mampir. Bener tuh, saya juga meskipun bikin postingan gini, masih suka males sih. Tapi kalo rapi juga enak dilihat, pluss kalo yang mampir banyak, kitanya juga seneng wkwk

      Siapp mas, ditunggu!

      Delete
  6. Mantap nih informasi nya kak. Tapi saya masih bingung mau ngisi feed ig saya dengan apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga yak awokwk sampyan bikin saya dapet inspirasi baru wkwk stay tune mas, nanti bakal dibuat referensi konten buat Instagram.

      Delete
  7. wah makasih loooh atas informasinya. seketika saya mendapatkan ide untuk feed ig saya...

    ReplyDelete
  8. Yaampun saya merasa tersindir dengan feed yang berantakan wkwk saran dong mas utk pemula seperti saya yang ingin merapikan IG, warna seragam yang bagus itu gimana dan seperti apa? ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah awkwk saya sendiri selama nulis ini merasa tersindir sepanjang waktu kok mbak. Saya juga masih belajar.

      Dann kalo pengen simple sih, bisa pake filter yang disediain instagram. Terus kalo upload, kalo bisa dalam sebaris (3 foto/video) pake satu tone/filter aja.

      Makasih sudah mampir lho mbak hehe, semoga bermanfaat!

      Delete

Post a Comment

Popular Posts