Art/Creative Block, Penyakit Kronis Para Kreator!

 


Pernah denger istilah Art Block ato Creative Block?


Ga pernah? Kalo gitu mungkin temen-temen pernah ngerasain nih.


Pernah ga sih kalian pengen buat sesuatu, apapun itu, tapi kaya gada inspirasi? Udah kaya bener-bener buntu gitu, gada jalan lagi, udah berhenti di situ. Nahh, itu namanya art block, kita nyebutnya creative block aja yaah, karena pembahasan kita lebih umum.


Creative block, hmmm ... ngeselin juga ini. Saya berkali-kali ngerasain ini, dannn rasanya mwantap. Agak males juga ngebahas ini, kaya bahas mantan ~wadooo padahal saya jomblo hihihihiks~

Bayangin aja, setiap saat, kita pasti butuh yang namanya inspirasi dalam mengerjakan sesuatu, ya ga sih? Contoh paling gampang aja, kalian ngechat doi, kalo gada inspirasi, mau ngechat apa? Paling-paling mentok, "Hai" "Kadal enak ga sih?" NO! TIDAKKK CREATIVE BLOCK SANGAT MEMBUATKU G*BLOCKK! *sfx: censor beep*

Sebagai konten kreator, creative block ini kaya udah jadi penyakit kronis yang bisa kambuh setiap saat. Apalagi tuntutan membuat konten terus menerus, akan sedikit demi sedikit mengikis kreatifitas kalian. Pas mau bikin konten, udah mood banget tuh, adrenalin tinggi banget, etdahhh, malah gatau mau bikin apa, akhirnya dokumen blank, cuma putih, suci, tanpa dosa. Sungguh, saya kaya pengen nimpuk ni layar, tapi masih sayang. Eh.


"Ada ga sih caranya biar ga kena creative block?"


Kalo saya sendiri ga bisa kasih solusi yang pasti ampuh, dan akan menghalau segala creative block yang ada. ENGGA SAYA GA PUNYA SOLUSI KAYA GITU, TAPIII ... saya bisa kasih gimana caranya supaya kita bisa MENCEGAH creative block biar ga nachkal dan bandel. Ada dua solusi utama:

1. Ada Inspirasi? LANGSUNG SIKAT!
Ini hampir sama kaya tips di postingan scheduling saya, bisa dicek di sini yahh. Jadi memang ada hubungannya sama penjadwalan konten. Ketika kita punya sedikit ide atau inspirasi yang entah datangnya dari mana, bisa dari konten orang lain, pas ngelamun, atau pas apapun itu, LANGSUNG KERJAIN, ato minimal CATET!

Kita ga pernah tau inspirasi itu datengnya dari mana, kapan, kenapa, gimana, pokoknya 5W+1H. Dia cuma dateng gitu aja, kadang bentar, terus ngilang, kaya doi. Dan anehnya adalah, ide itu kadang ga akan dateng 2 kali, bener ga sih wkwk saya sering banget soalnya, pas dapet ide, terus dengan pedenya saya inget-inget aja. Beneran, pas mau ngonten, malah lupa, ilang, dan ide yang kedua pasti lebih jelek daripada yang pertama hadehhh, nasib.

Jadiii, kalo kalian punya sedikit aja ide, langsung catet, jangan diinget-inget. Sebanyak apapun ide itu, tampung. Sampe banyak? Numpuk-numpuk? Gapapa dong, itu adalah stok ide kalian. Ide itu bisa kalian jadwalin jadi konten. Dijamin, ide kalian ga akan hilang, selain itu, konsistensi penjadwalan konten kalian juga dapet.




2. Ga Punya Inspirasi? CARI!
Ini adalah cara yang bisa dilakukan ketika creative block kambuh, atau bisa kalian lakukan di waktu luang untuk mengasah wawasan kreatifitas kalian. Yaah kaya namanya, kalian cari aja inspirasi dengan cara "nyontek" ide orang lain.

"Wowowow, nyontek? Engga ah!"

Kata "nyontek" jangan ditelan mentah-mentah broo. Dengan nonton konten punya orang lain, kreatifitas kalian tuh bakalan terasah dengan sendirinya, secara ga langsung. Liat dulu kontennya, olah, bikin yang baru. Gituuu. Kan kalian memang ga punya pondasi, yaa coba liat pondasi orang lain. Kalian ga bakal dicap jiplak kok. Beda lagi kalo copas, sama persis gitu wkwk

Contohnya, si A bikin konten nyanyi, si B juga bikin konten nyanyi, mereka nyanyi lagu yang sama. Bisa disebut nyontek ga tuh? Ya enggaa dongg wkwk karena cara nyanyinya kan beda, gestur juga pasti beda.



Yaak itu tadi adalah 2 tips utama biar ga kena creative block versi saya ya, dan tentunya sudah saya praktikkan juga wkwk jadi udah terbukti bisa mengatasi creative block.

Kalian punya pengalaman creative block? Share aja di komentar ya! Mungkin kalian punya tips sendiri, silahkan, monggo, share juga!

Stay tune buat postingan selanjutnya ya gaess!

Comments

  1. Hhhh ini dia masalah yang sering saya hadapi. Saya suka menggambar, tapi pernah saya mengalami artblock selama 1 tahun, saya tidak mau menggambar sama sekali selama satu tahun itu.
    Namun pada masa art block, saya tetap melihat karya2 orang lain dan saya menilai apakah saya bisa membuat seperti itu juga atau tidak. Begitu masa art block saya usai, saat saya menggambar, gambar saya mengalami improve hanya karena melihat karya2 orang lain yang saya terapkan pada gambar saya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts